Ernesto Valverde Menjadi Kandidat Kuat Pengganti Luis Enrique Di Barcelona

Ernesto Valverde Menjadi Kandidat Kuat Pengganti Luis Enrique Di Barcelona

Kubu klub Athletic Bilbao baru saja mengumumkan manajer Ernesto Valverde telah resmi meninggalkan klub tersebut. Valverde dikabarkan akan menggantikan posisi Luis Enrique sebagai manajer Barcelona. Ernesto Valverde disebut – sebut telah membuat kesepakatan untuk menggantikan posisi Enrique di musim mendatang. Pihak Barcelona mengatakan akan mengumumkan manajer baru pengganti Enrique pada hari Senin setelah Barcelona menjalani laga terakhir musim ini di partai final Copa del Rey. Kontrak Valverde di Athletic Bilbao memang telah habis dan pihak klub telah resmi mengumumkan bahwa Valverde tidak akan memimpin tim utama Athletic Bilbao di musim kompetisi 2017/18 mendatang.

Ernesto Valverde dikabarkan akan segera melakukan jumpa pers dengan didampingi presiden klub Athletic Bilbao Josu Urrutia terkait pengunduran dirinya dari San Mames. Valverde merupakan mantan pemain Barcelona yang pernah membawa klub tersebut menjadi juara Piala Winners UEFA dan juga Copa del Rey. Mantan pemain depan tersebut memperkuat Barcelona selama 2 musim antara tahun 1988 hingga 1990. Selain pernah memperkuat Barcelona; Ernesto Valverde juga pernah bermain untuk Athletic Bilbao, Real Mallorca dan Espanyol setelah dibesarkan di akademi sepakbola Alaves. Sebelum menjabat manajer tim utama Athletic Bilbao; Valverde pernah menangani Olympiakos, Villarreal dan Valencia.

Luis Enrique telah mengatakan tidak akan memperpanjang kontrak sebagai manajer Barcelona setelah memimpin Lionel Messi dan kawan – kawan sejak tahun 2014. Enrique sukses memenangkan 8 gelar selama menangani Barcelona. Mantan kapten Barcelona tersebut sempat memenangkan gelar La Liga 2 tahun berturut – turut serta membawa Barcelona mengangkat tropi Liga Champions Eropa pada tahun 2015. Selain Ernesto Valverde; beberapa nama lain seperti manajer Everton Ronald Koeman dan mantan manajer Paris Saint Germain Laurent Blanc juga disebut – sebut menjadi kandidat pengganti Enrique. Asisten Enrique di Barcelona Juan Carloz Unsue serta Oscar Garcia yang merupakan manajer Red Bull Salzburg juga sempat dikaitkan dengan kepindahan ke Camp Nou. Sementara Mauricio Pochettino, Diego Simeone serta Jorge Sampaoli yang juga sempat diisukan pindah ke Barcelona telah memberikan klarifikasi tidak akan pindah ke Camp Nou.